Oleh: suyoto2 | Januari 8, 2009

OLEH-OLEH DARI LGK SE-JAWA 2008

Akhirnya perjalanan panjang saya dalam mengikuti proses seleksi dalam Lomba Guru Kreatif se-Jawa 2008 yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Seogiopranoto Semarang bekerja sama dengan PT. Ulam Tiba Halim (Marimas) mencapai garis finish. Alhasil, tropi Juara Kedua kategori SMA/MA/SMK saya bawa pulang untuk saya persembahkan pada “negeri tercinta saya” (sekolah) dan “ibu pertiwi saya”(istri dan anak-anak). Bersama dengan Lasron Sinaga, seorang guru yang sangat kalem penampilannya tetapi ternyata cukup berat sebagai rival, yang pada akhirnya keluar sebagai pemenang pertama kategori SMA/MA/SMK, dan Yulia Susilowati, seorang guru yang energik, cantik, tapi begitu banyak prestasi dimilikinya, yang pada akhirnya berhasil membawa pulang tropi juara ketiga.

Harus saya akui bahwa proses kompetesi yang satu ini sangat panjang, penuh tantangan, menegangkan, dan sangat menantang. Pertama-tama entah tiga atau empat bulan sebelumnya, saya harus mengajukan konsep inovasi pembelajaran yang saya lakukan. Konsep inovasi tersebut harus bersaing dengan konsep-konsep guru lainnya sebanyak 746 naskah. Lumayan, konsep saya diterima sehingga saya dinyatakan lolos seleksi tahap pertama bersama sekitar 230 guru lainnya.

Tahap berikutnya, saya diminta menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP tersebut diseleksi lagi dan pada akhirnya saya dinyatakan lolos seleksi tahap kedua atau masuk 50 besar.

Peserta yang dinyatakan masuk 50 besar dipanggil ke LPMP Jawa Tengah pada tanggal 25-28 November 2008.

Dalam seleksi final, ada beberapa tahap yang harus ditempuh. Tahap pertama adalah FGD (Focus Group Discussion) dan presentasi untuk menentukan 5 finalis masing-masing kategori. Dalam FGD masing-masing beserta harus menunjukkan kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah-masalah pendidikan karena antarpeserta harus berdebat. Dalam presentasi peserta harus menjelaskan gagasannya di hadapan dewan juri.

Lumayan. Setelah mengalami proses seleksi tersebut nama saya masih tercantum dalam jajaran finalis 5 besar.

Tahap berikutnya adalah seleksi untuk menentukan pemenangnya. Ada dua tahapan, pertama Uji Publik Intern dan kedua Praktik Mengajar. Uji publik intern prosesnya mirip-mirip dengan pemilihan “putri Indonesia”. Cukup menegangkan karena begitu langsung diumumkan, finalis didudukkan di kursi panas, ambil undian pertanyaan, dibacakan pertanyaannya dan diberi kesempatan menjawab hanya dalam 5 detik dengan lama jawaban 1 menit, Terus dicecar pertanyaan oleh juri (10 juri) sekitar 2 menit.

Berikunya praktik mengajar di sekolah. Untuk finalis guru SMA/SMK/MA praktik mengajar di SMA Negeri 2 Banyumanik. Cukup menyenangkan, tidak seperti sedang berkompetisi untuk lomba.

Puncaknya : MALAM PENGANUGERAHAN

Pertama-tama ditayangkan lima finalis.

Trus satu persatu ditayangkan pemenangnya.

pemenang ketiga….. bukan saya

pemenang kedua……. Agustinus Suyoto.

Sejenak nafasku tersengal saking bangganya karena berhasil melalui seluruh tahapan dengan sebaik-baiknya. Bangga karena bisa pulang dengan kepala tegak dan mempersembahkan tropi untuk almamaterku. Bangga karena bisa memberikan sesuatu yang diminta anak saya (tropi), dan istri saya (tentunya uang hadiah lomba….. bayangkan 7,5 juta).

Terima kasih untuk rekan-rekan guru SMA Stella Duce 2 Yogyakarta yang dengan caranya sendiri-sendiri telah memberikan motivasi pada saya untuk berjuang habis-habisan dalam lomba ini.

Untuk Estu (Stella Duce Dagen), Pak Sunu (Stella Duce Dagen), dan Bu Tattik (Tarakanita Solo Baru), yang sama-sama berjuang dalam 50 besar (finalis) di LPMP Jawa Tengah, terima kasih atas dukungan dan motivasinya. Dukungan kalian sangat menyemangati saya untuk berjuang atas nama korp Tarakanita (sampai-sampai ketika praktik mengajar saya “diledek” oleh salahsatu juri karena dengan penuh percaya diri memakai seragam guru khas Tarakanita).

Teruskan perjuangan dalam LGK tahun 2010. Pasti berhasil!!

Iklan

Responses

  1. Salam kenal jg, pak Agus. Selamat ats kemenangannya. Semoga memberikan makna yg dalam untuk dunia pendidkan kita, khususnya untuk pak Agus. terimakasih sdh mengunjungi blog sy, mhn maaf bila kurang berkenan dgn tulisan sy. Itu memang sgt subjektif, tp terimakasih sekali lg, kita semua memang “Pejuang”.

    Risa

  2. Wkwkw..
    Ternyata ada juga yak yang nama aslinya suyoto..
    Gw pikir nama yoto tu jarang, makanya gw jadiin nama panggilan gw biar gampang diinget xD


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: